Tak Banyak yang Tahu, Ini Istilah Status Pengiriman JNE

Mengirim barang antar kota atau dalam kota biasanya menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE. JNE cukup populer belakangan ini karena cakupan zona wilayahnya luas. Setiap proses pengiriman barang akan selalu diberi nomor resi oleh pihak JNE, Anda bisa melacak paket dengan cek resi JNE untuk mengetahui posisi paket Anda. Setiap melakukan pengecekan akan selalu ada status pengiriman, nah status pengiriman inilah yang memberi tahu Anda riwayat perjalanan paket. Dengan adanya status pengiriman JNE, Anda bisa mengetahui kapan paket Anda dikirim dan kapan paket akan di antarkan ke rumah Anda.

Bila Anda cermat saat mengecek status pengiriman, tentunya anda tak asing mendengar istilah pada status pengiriman Anda manifested yang berarti telah diterima oleh pihak JNE, transit, on process, hingga delivered yakni paket telah diterima oleh Anda. Bila paket Anda mengalami masalah, tentu pihak JNE akan memberikan informasi pada status pengiriman JNE. Biasanya informasi tersebut menggunakan istilah – istilah yang memiliki arti berbeda. Namun tak banyak yang tahu, ada beberapa istilah pada status pengiriman JNE yang jarang terjadi tapi penting untuk diketahui oleh Anda. Sehingga bila terjadi masalah pada paket, Anda sudah tahu bagaimana mengatasinya. Berikut ini beberapa istilah status pengiriman JNE yang banyak tak diketahui orang.

  1. AU (Antar Ulang). Paket sudah di bawa kurir namun tak sempat diantar pada hari tersebut, Sehingga paket akan di antar keesokan harinya.
  2. BA (Bad Address). Alamat penerima tak jelas dan tak lengkap atau bisa pula salah, seperti salah menulis RT/RW atau tak ada nomor rumah.
  3. MR (Misroute). Alamat penerima menggunakan jalur atau tujuan yang tak seharusnya, sehingga pihak JNE akan membetulkan jalur yang hingga rute yang benar.
  4. CC (Criss cross). Paket Anda tertukar dengan paket lainnya, JNE akan berusahan untuk mengatasi hal ini.
  5. Paket akan diantar ulang karena sebelumnya tak ada yang menerima paket Anda.
  6. CODA (Closed Once Deliver Attempt). Bila paket Anda memiliki status ini maka segera hubungi pihak JNE melalui call center. Hal ini terjadi ketika proses pengantaran oleh kurir namun alamat dari penerima kosong atau salah.
  7. Cnee unknown. Status ini menandakan bahwa nama penerima dari paket tersebut tak dikenali di tujuan atau tak tinggal pada alamat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *