Pengertian Hipoglikemia dan Penyebabnya

Pernahkah kamu mendengar tentang hipoglikemia sebelumnya? Penyakit seperti apakah itu? Mungkin kamu tidak begitu mengenal nama medis dari penyakit ini, sebenarnya ini adalah penyakit gula darah rendah. Pengertian hipoglikemia menurut alodokter.com adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal. kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes akibat obat-obatan yang dikonsumsi. Gula darah merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain diproduksi secara alami oleh hati, glukosa juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, susu dan kentang. Dilansir dari hellosehat.com pengertian hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah tubuh atau glukosa terlalu rendah, yaitu di bawah 70mg/dL. Orang yang menderita penyakit diabetes lebih rentan mengalami kondisi ini karena mereka sering menggunakan insulin buata atau obat-obatant ertentu untuk menurunkan kadar gula di darah.

Apa yang menyebabkan penyakit ini terjadi? hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah turun secara drastis. Kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes akibat dari penggunaan insulin atau obat diabetes yang melebihi dosis atau tidak teratur, pola makan yang tidak baik seperti makan selalu sedikit atau menunda makan, mengonsumsi minuman beralkohol dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara berlebihan tanpa mengonsumsi makanan yang cukup. Meski jarang terjadi, penyakit ini juga dapat terjadi pada orang yang tidak menderita diabetes dengan penyebab seperti kekurangan nutrisi akibat penyakit anoreksia nervosa, produksi insulin yang berlebihan seperti akibat tumor di kelenjar pankreas dan kekurangan hormon yang mengatur keseimbangan gula dalam darah. Orang juga dapat mengalami penyakit ini memiliki kondisi seperti pernah menjalani operasi pengecilan lambung, sedang menderita hepatitis, gangguan ginjal, malaria atau sepsis. Sepsis adalah komplikasi berbahaya akibat ineksi. Ini dapat menimbulkan tekanan darah turun drastis serta kerusakan pada banyak organ. Kedua hal ini dapat menimbulkan kematian. Penyebab lainnya adalah mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat penurun gula darah, antimalaria, antiartimia atau obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS. Obat antiinflamasi nonsteroid/ OAINS disebut juga sebagai nonstreroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan sehingga meredakan nyeri dan menurunkan demam. NSAIDs sering dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala, nyeri menstruasi, nyeri sendiri dan keseleo.

Apa saja gejalanya? Gejala dari penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba dan bervariasi pada tiap penderita. Gejala tersebut meliputi rasa mudah marah, sulit berkonsentrasi, mudah lapar, kesemutan dan lelah. Penyakit ini akan memburuk jika dibiarkan, terutama bila penderita tidak menyadari kuadar gula darah turun, akibatnya penderita dapat mengalmai gangguan penglihatan, mengalami penurunan kesadaran, kejang, dan tampak bingung dan berperilaku tidak normal. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini seperti membutuhkan asupan insulin buatan, memiliki riwayat penyakit diabetes, obesitas atau kelebihan berat badan, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dan mengonsumsi obat sulphonylureas seperti gliclazide, glipizide, glibenclamide, tolbutamide, dan glukosa prandial seperti repaglinide dan nateglinide. 

Penyakit ini tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja. Akan terjadi komplikasi jika kamu tidak segera melakukan pengobatan terhadap penyakit ini. Kamu perlu untuk mengetahui gejala dan tanda dari penyakit ini karena dapat menyebabkan komplikasi seperti kejang, hilang kesadaran dan kematian. Penyakit ini juga dapat membuat kamu terjatuh, cedera dan kecelanaan saat berkendara. Oleh karena itu, selain pengertian hipoglikemia, kamu perlu untuk mengetahui gejala dan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *