Model Rumah Murah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah pribadi? Terlebih bagi kamu yang baru saja menikah dan ingin membina keluarga di rumahnya sendiri. Ya, banyak orang saat ini memilih untuk membeli rumah minimalis usai menikah untuk membuktikan jika dirinya bisa hidup mandiri. Ketika membeli rumah, pasti tiap orang mengincar tipe rumah yang bagus namun tidak memiliki harga yang mahal. Nah, pilihan tersebut pasti jatuh pada jenis rumah minimalis yang terletak di daerah yang jauh dari pusat kota. Memang hal ini sering dihindari bagi sebagian besar orang karena akses lokasi terutama ke tempat-tempat umum yang perlu dikunjungi menjadi lebih lama dan bahkan sulit. Tapi, pilihan rumah murah ini sering dibeli oleh keluarga muda karena keunggulan dari rumah tersebut yang dekat dengan jalan tol sehingga memudahkan orang untuk tetap bekerja dikantor. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli rumah baru.

Tips Membeli Rumah Murah

Tips pertama saat hendak membeli rumah murah dibawah 350 juta rupiah adalah dengan memperhatikan detailnya. Ya, berapa kamar yang dimiliki, apakah lokasinya dekat dengan pusat kota, sampai luas bangunannya. Untuk rumah minimalis di daerah ibukota yang jauh dari pusat kota, biasanya sering disebut dengan daerah penyangga. Nah, keunggulan dari rumah di daerah penyangga ini yaitu harga yang murah. Meski demikian meski murah tapi desain rumah tersebut tergolong modern. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin memiliki rumah desain minimali tapi tetap ingin terlihat elegan. Untuk detail ruangan yang dimiliki oleh kamar itu biasanya terdiri dari dua kamar tidur dnan satu kamar mandi. Sedangkan untuk ruang keluarga dan ruang dapur biasanya tergabung menjadi satu. Inilah ciri khas dari rumah minimalis.

Menentukan Harga Pasaran dari Rumah Murah

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah murah pasti satu hal yang perlu kamu lakukan adalah menanyakan harga rumah tersebut. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah survei rumah dengan mendatangi perusahaan developer atau berkunjung ke pameran properti demi mengetahui harga pasaran dari rumah baru terutama rumah minimalis. Atau untuk langkah singkatnya kamu bisa mengunjungi situs jual beli rumah untuk cek harga. Selain cek harga kamu juga bisa menentukan lokasi rumah tersebut. Perlu kamu tahu jika semakin jauh dari pusat kota, tentunya harga rumah tersebut akan semakin mahal. Pada bagian cek harga, silakan untuk mengubah detailnya menjadi minimal 50 juta rupiah dan maksimal 400 juta rupiah. Jika sudah, kamu bisa memilih jenis rumah sesuai dengan selera dan kemampuan budgetmu.

Cara Mendapatkan Rumah Murah Berkualitas

Setelah mengetahui point-point penting saat hendak membeli rumah murah yang berkualitas, simak tips berikut supaya kamu tidak bingung dan menyesal pada akhirnya. Pertama, cek kondisi keuangan atau finansialmu. Kira-kira, apakah cukup untuk membeli rumah baru? Tidak perlu langsung lunas, kamu bisa memilih jenis pembelian angsuran jika memang sedang membutuhkannya. Namun, pastikan pula jika kamu memiliki jumlah tabungan yang cukup untuk membayar uang muka.

Selain itu, cara mendapatkan rumah murah berkualitas selanjutnya adalah pastikan jika penghasilanmu tiap bulan cukup untuk membayar angsurannya. Jika kamu memutuskan untuk menyicil rumah, apakah ada tanggungan lain yang menghambatmu seperti sedang menyicil mobil dan sejenisnya. Jika iya, lebih baik lunasi dulu tanggunganmu tersebut supaya tidak memberatkan diwaktu mendatang. Jika sudah yakin tidak ada masalah terkait keuangan ataupun bank, kamu bisa mulai mengajukan kredit rumah.

Rumah Murah Kategori Subsidi dari Pemerintah

Seringkali permasalahan saat ini yaitu keinginan dari masyarakat yang ingin memiliki rumah murah tapi penghasilannya tidak mencukupi atau dengan kata lain golongan ekonomi menengah kebawah. Melihat hal ini, mulai tahun 2015 pun pemerintah saat itu mencanangkan program rumah subsidi khusus bagi keluarga yang berpenghasilan cukup. Ada dua jenis rumah yang dibangun untuk masyarakat yang hendak mempunyai rumah pribadi dengan penghasilannya saat ini yaitu rumah setapak serta rumah susun. Dua jenis rumah tersebut memiliki kriteria tertentu bagi para pembelinya. Yaitu setiap pembeli rumah setapak haruslah kamu yang berpenghasilan maksimal 4 juta rupiah sedangkan kamu yang  hendak membeli rumah susun haruslah yang berpenghasilan tidak lebih dari 7 juta rupiah.

Tentunya ada berbagai syarat untuk memilki rumah subsidi dari pemerintah seperti pendapatan yang sesuai dengan ketentuan, tidak pernah memiliki catatan kredit mobil, tidak pernah telat dalam menyicil motor, jarak rumah dan tempat bekerja yang tidak jauh, tidak pernah menyicil rumah, dan sebagainya. Ada banyak cara bukan, bagimu untuk bisa memiliki rumah murah saat ini? Bahkan pemerintah pun ikut memberimu pilihan. Yuk, mulai pelajari cara membeli rumah tersebut sampai dekorasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *