Memilih Permainan Untuk Bayi yang Sesuai Tahapan Usianya

Meskipun bayi Anda masih belum memiliki kemampuan untuk melakukan permainan seperti anak dengan usia yang sudah dewasa, akan tetapi bukan berarti tidak ada permainan untuk bayi. Bahkan permainan bayi ini ternyata ada banyak sekali dan cukup bervariasi. Namun demikian, untuk memudahkan Anda dalam memilih permainan untuk si kecil yang sesuai dengan tahapan usianya, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Memilih Permainan Untuk Bayi yang Sesuai Tahapan Usianya

Bayi dengan usia 0 – 3 bulan

Permainan yang paling pas untuk bayi dengan usia 0 – 3 bulan adalah bernyanyi dan berbicara. Ini nanti juga akan membantu membangun hubungan yang baik antara orangtua dengan bayi. Jadi, silakan Anda bernyanyi atau berbicara untuk si kecil. Selain itu kegiatan ini ternyata juga membantu mendorong bayi untuk mengembangkan kemampuan dalam bahasanya dengan baik.

Bayi dengan usia 4 – 6 bulan

Tidak hanya membaca buku bersama yang baik untuk bayi, sebab bisa membantu kenalkan beragam tekstur yang berbeda pada si kecil, jika Anda ingin cara yang lebih asyik dan seru maka Anda bisa memilih jenis permainan pesawat terbang. Tetapi demikian, hal ini tentu saja harus dilakukan secara hati – hati dan perlahan. Anda bisa berbaring sembari menekukkan kaki, kemudian memposisikan si kecil pada tungkai kaki. Jika sudah, angkat kaki Anda sehingga si kecil seolah – olah terbang dengan kaki Anda. Permainan ini nanti akan melatih keseimbangan si kecil dengan baik.

Alternatif lain adalah jenis permainan cilukba. Si kecil pastinya akan sangat senang dengan permainan satu ini. Lewat permainan tersebut maka ia akan belajar mandiri dan menambah kepercayaan pada dirinya.

Bayi dengan usia 7 – 9 bulan

Jenis permainan yang paling pas dengan usia bayi tersebut adalah bermain lempar. Silakan Anda siapkan saja ember kecil, lalu letakkan agak jauh dari posisi si kecil. Kemudian ajak si kecil untuk melemparkan bola atau benda yang lain ke dalam ember. Permainan tersebut nanti akan membantu melatih koordinasi tangan juga mata si kecil.

Sementara itu untuk jenis permainan lainnya, yakni bermain bayangan akan membuat penglihatan si kecil menjadi semakin berkembang. Bayi nanti akan memperhatikan dengan baik cahaya, pola, bayangan, juga kontras antara cahaya dengan gelap. Anda bahkan bisa melatih kemampuan visualnya dengan permainan bayangan. Apabila si kecil ternyata kurang suka dengan jenis permainan tersebut maka Anda tak perlu memaksanya. Silakan coba pilihan permainan lainnya, seperti bermain air.

Bermain air tidak hanya seru dan menyenangkan sekali, akan tetapi juga bermanfaat untuk dorong tumbuh kembangnya. Menariknya, permainan tersebut juga bisa membantu membangun hubungan baiak antara moms dan si kecil. Bermain air bahkan juga bisa mengembangkan kemampuan kognitif pada anak.

Bayi dengan usia 10 – 12 bulan

Ada beberapa jenis permainan untuk bayi usia 10 – 12 bulan, salah satunya adalah bermain balok. Koordinasi tangannya di usia ini pastinya akan terus menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, si kecil sudah mampu menyusun serta menumpuk balok. Jenis permainan tersebut akan membantu melatih kemampuan motorik, kognitif, dan koordinasi mata juga tangan si kecil.

Selain itu Anda juga bisa mencoba mengajak si kecil untuk bermain kereta dorong. Ini nanti akan menstimulasi kemampuan berjalannya dengan baik. Permainan terakhir yang bisa dipilih adalah bermain ring donat. Si kecil nanti harus menyusun cincin plastik sesuai ukurannya, mulai dari yang terbesar hingga yang paling kecil. Ring donat ini akan melatih kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki si kecil.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang memilih permainan untuk bayi yang sesuai tahapan usianya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *