Memilih Keramik Lantai Untuk Dapur

Dalam memilih keramik lantai dapur, Anda tak boleh hanya melihat sisi desain visualnya saja, karena aktivitas di dapur harus ditunjang oleh kenyamanan serta keamanan desain ruang. Pasalnya, dalam dapur, Anda akan melakukan berbagai aktivitas yang relatif berbahaya, seperti menggunakan pisau, menyalakan kompor panas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih keramik lantai dapur yang benar – benar tepat, seperti keramik lantai polished yang mudah dibersihkan dari noda-noda minyak, namun memiliki dimensi yang sesuai, agar tidak membuat sipengguna dapur mudah terpeleset di area dapur. Tak hanya area dapur saja yang membutuhkan desain ruang yang aman, kamar mandi pun memerlukan hal yang sama. Banyak kecelakaan terjadi di kamar mandi akibat pemilihan keramik lantai yang tak tepat, khususnya bila terdapat anak – anak dan juga lansia di dalam rumah tersebut.

Bahkan, insiden terjatuh di kamar mandi bisa mengakibatkan dampak yang fatal, salah satunya bisa membuat para lansia terserang stroke. Dalam memilih keramik lantai kamar mandi, ada baiknya Anda memilih material keramik lantai antislip bertekstur kasar. Anda juga bisa memilih keramik lantai dengan pernak pernik kecil, yang biasa disebut dengan mosaic tile. Pasalnya, dengan dimensi kecil, Anda bisa memperkecil kemungkinan sang pemakai kamar mandi terpeleset dan terjatuh. Selain itu, Anda bisa membiasakan menggunakan konsep kamar mandi kering sehingga keramik lantai kamar mandi Anda tidak terlampau dibasahi air.

Selanjutnya garasi merupakan salah satu area yang memerlukan keramik lantai yang kuat dan memiliki daya tahan tinggi, mengingat kesehariannya yang menjadi “rumah” bagi benda-benda berat, seperti kendaraan bermotor, sepeda, hingga perangkat-perangkat menukang. Tak jarang, garasi juga digunakan sebagai “gudang” untuk menyimpan segala macam peralatan penunjang kebutuhan rumah. Namun, garasi dalam rumah itu sendiri terbagi atas dua jenis, garasi terbuka (yang menyatu dengan carport) dan garasi tertutup yang memiliki ruang tersendiri yang tertutupi bangunan. Oleh karena itu, kriteria pemilihan material keramik lantai garasi pun tak sembarangan. Dibutuhkan keramik lantai yang kuat, antigores, berdaya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca, tetapi juga tetap mudah dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *