Jenis Alergi dan Sakit Kulit yang Umum pada Anak

Pada dasarnya penyakit kulit atau kelainan kulit pada anak ini bisa muncul kapan dan dimana saja. Tugas Anda di sini tidak lain adalah mengatasinya dengan segera dan memastikan agar si kecil selalu nyaman dan aman. Meskipun hal tersebut tentu saja bukan termasuk tugas yang mudah, akan tetapi Anda pastinya bisa mengatasi hal demikian dengan rasa percaya diri yang tinggi. Misalnya saja untuk jenis penyakit kulit yang kerap menghampiri si kecil satu ini, yakni alergi.

Kulit memang menjadi bagian tubuh yang cukup sensitif sekali, sehingga tidak heran jika mudah terkena berbagai macam hal yang bisa sebabkan penyakit kulit pada si kecil. Berperan penting sebagai penjaga tubuh dari berbagai macam elemen, mulai dari sinar matahari, kotoran, maupun bakteri. Bahkan sebagian dari bayi atau pun anak – anak tidak bisa lepas dari namanya ruam karena popok. Makanya melalui artikel akan kami informasikan kepada Anda selengkapnya tentang jenis alergi dan sakit kulit yang paling umum pada anak.

Jenis Alergi dan Sakit Kulit yang Umum pada Anak

Biang keringat

Dari sekian banyaknya jenis penyakit kulit dan alergi pada anak, ternyata biang keringat ini menduduki posisi pertama dan paling umum ditemui pada anak – anak, terutama bayi. Gejalanya bisa berupa bintik – bintik memerah di pantat, punggung, wajah, leher, dan daerah lain yang biasanya berkeringat. Bintik merah tersebut akan terasa gatal, sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan terus menangis.

Penyebab biang keringat pada anak adalah absennya sirkulasi udara sejuk. Kulit anak pastinya masih belum bisa alirkan panas tubuh dengan baik. Makanya akan ada banyak hal yang bisa dengan mudahnya membuat si kecil kepanasan. Udara yang lembab, cuaca panas, pakaian terlalu ketat, duduk terlalu lama di car-seat, atau yang lainnya bisa membuat si kecil terkena biang keringat.

Eksim

Selanjutnya adalah eksim yang biasanya dialami oleh anak dengan usia 3 – 4 bulan. Penyebab eksim pada anak sampai sekarang belum bisa dipastikan. Ada banyak hal yang jadi penyebab eksim pada anak, mulai dari alergi, hingga terlalu seringnya mandi dengan air hangat sehingga kulit jadi iritasi.

Ruam yang muncul di kulit menjadi pertanda bahwa si kecil sedang menderita eksim. Lama – lama ruam tersebut akan kering dan terasa sangat gatal sekali. Nah, untuk mengatasi eksim pada si kecil mudah sekali, Anda hanya perlu mencuci bersih kulit si kecil dengan sabun yang lembut dan tanpa pewangi. Jika sudah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab 2 kali sehari. Tetapi jika hal tersebut ternyata tidak membuat eksim mereda, segera hubungi dokter terdekat.

Seborrhea

Lalu untuk yang terakhir ini biasanya terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Gejala seborrhea bisa berupa munculnya ruam di kulit kepala dan alis, lalu menimbulkan ketombe. Apabila seborrhea ternyata muncul di bagian belakang telinga, maka akan terlihat seperti ruam kering. Jika gejalanya ada di pipi maupun dada, maka akan terlihat kemerahan.

Bahkan sampai sekarang masih belum diketahui penyebab seborrhea secara pasti. Tetapi untuk mengatasinya Anda hanya perlu mengusap bagian yang terkena seborrhea dengan baby oil atau minyak zaitun. Apabila lapisan kulit keringnya sudah terkelupas, bilas dengan air bersih.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis alergi dan sakit kulit yang umum pada anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *