Apakah Hamil Saat Menstruasi Berbahaya? Ini Jawabannya

Hamil saat menstruasi merupakan suatu kasus yang tidka jarang terjadi. Hal ini bisa terjadi pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur atau tidak normal, yaitu siklus pendek atau siklus panjang. Lalu, apakah hamil ketika menstruasi berbahaya? Anda dapat membaca penjelasannya di bawah ini beserta dengan seberapa besar peluang kehamilan saat menstruasi.

Peluang Hamil Ketika Menstruasi

Peluang hamil saat haid memang benar adanya untuk wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur. Seberapa besar peluang hamil ketika haid berlangsung? Peluang hamil ketika haid pada wanita yang mempunyai siklus haid tidak normal lebih besar dibandingkan dengan wanita dengan siklus haid normal. Hal ini disebabkan keterkaitan dengan proses ovulasi.

Proses ovulasi atau pembentukan sel telur pada wanita dengan siklus haid tidak normal juga tidak dapat dipastikan. Dalam siklus pendek, ovulasi bahkan terjadi di masa akhir menstruasi. Dalam siklus panjang, ovulasi atau masa subur terjadi ketika menstruasi masih berlangsung. Hal ini dikarenakan sudah tiba masanya harus memproduksi sel telur sesuai penghitungan siklus normal.

Masa ovulasi yang beriringan dengan masa akhir menstruasi tersebut tentu saja memberikan peluang terjadinya kehamilan. Untuk itu, tidak heran apabila wanita bisa hamil meskipun sedang mengalami menstruasi.

Kondisi Kehamilan Ketika Menstruasi

Kehamilan merupakan suatu masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan untuk segera mempunyai momongan. Proses kehamilan yang sehat adalah harapan setiap pasangan. Lalu, bagaimanakah jika kehamilan terjadi saat sedang menstruasi? Tentu hal tersebut tidak menjadi persoalan. Secara medis, hal tersebut tidak berbahaya karena kehamilan juga terjadi di akhir haid.

Hamil saat menstruasi ini memang bukan suatu kasus yang jarang karena dapat terjadi pada wanita dengan siklus haid panjang atau pendek. Ketidakteraturan dalam masa haid ini menyebabkan ovulasi tidak dapat dipastikan pula. Menghadapi kondisi kehamilan saat haid, Anda tidak perlu panik. Segera periksa ke dokter untuk mengetahui secara pasti kesehatan kandungan.

Berdasarkan kondisi fisik, hamil ketika menstruasi tidak berbahaya. Hal tersebut dilihat dari gejala yang dialami. Wanita yang hamil saat sedang haid akan mengalami gejala yang sama dengan wanita yang hamil di luar masa haid. Meskipun demikian, terdapat gejala yang lebih besar pengaruhnya, seperti kram perut yang lebih hebat dan nyeri yang lebih terasa.

Meskipun mengalami gejala dengan kadar yang lebih tinggi, kehamilan saat menstruasi tetap aman. Kesehatan kandungan tetap terjamin selama tidak mengalami pendarahan yang hebat. Untuk itu, tetaplah memperhatikan kondisi kandungan sejak awal masa kehamilan agar selalu terjaga kesehatannya.

Kehamilan yang terjadi ketika menstruasi pada umumnya terjadi akibat hubungan badan yang dilakukan di masa akhir menstruasi. Berdasarkan penjelasannya, hamil saat menstruasi tidak berbahaya karena terjadi saat akhir menstruasi, asalkan tanda atau gejala pendarahannya normal. Jika mengalaminya, simak terus penjelasannya di Orami Magazine dan periksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *